Kota Tua

on Tuesday, January 13, 2009
Liburan lalu, salah satu hiburan paling menyenangkan gw adalah jalan-jalan ke kota tua dengan bokap nyokap gw.
Idenya sih dari bokap, maka pada tanggal 2 Januari lalu, kamipun pergi ke sana. Gw sih SANGAT EXCITED, soalnya inilah kegiatan kami yang benar2 berarti setelah sepanjang liburan gw kayak orang mau mati bosan di rumah.

Nah, tempat pertama yang kami kunjungi adalah sebuah rumah tua (yang dengan sangat kebetulan gw lupa namanya) yang dulunya milik seorang tionghoa. Rumah itu masih ada, tapi disekitarnya lagi dibangun apartemen. Lokasi: Jl. Gajah Mada (kalo ga salah. Pokoke GM plaza terus aja...lewatin gedung arsip).

Lanjut! Kami kemudian menuju ke arah glodok, yang secara memalukan baru gw liat. GILA ABIS! Gw jadi ga berasa di Indonesia! Berasa udah di Cina aja, hahahaha.....dan dimana2 suasana imlek udah kerasa. Buset dah tu daerah.
Di sini gw ngeliat gereja Santa Maria de Fatima.

Berikut! Kami pergi ke daerah Jakarta Utara buat ngeliat si Kota Tuanya. Tujuan pertama: Gedung Merah. Ga ngapa2in sih, cuma liat doang...lagi diperbaiki rupanya. Aroma laut yang asin mulai tercium.

Habis itu kita ke Jembatan Kota Intan. Foto2 bentar...trus lanjut lagi. Setelah memutari jalanan yang sama 2 kali, kita secara ajaibnya menemukan lokasi bersejarah lain yang ga kalah kerennya: bekas Galangan Kapal VOC.

Sekarang sih tempatnya udah berubah jadi setengah cafe, dan setengah tempat les alat musik dan tarian Cina. Unik banget! Tempat bertemunya banyak kebudayaan!

Terus dari situ, kita jalan kaki ke Menara Syah Bandar. Gw dan bokap naik sampe atas bener2 atas, trus foto2 bentar lalu turun. Kita juga ke Museum Bahari, tapi karena ternyata kurang menarik, kita cabut aja. Gw udah ngebet ke Museum Fatahillah.

YAK! Dengan sialnya sodara2, Museum Fatahillah tutup. Haha. Kupret.
Gw yang ngarep bisa liat penjara bawah tanahnya yang horor itu, SANGAT KECEWA karena ternyata penjaranya TERGENANG AIR! Sial. Banjir kok ga dibersihin sih!? Itu situs sejarah monyong!
Akhirnya kita cuma nyewa sepeda ontel setengah jam, makan es potong2 itu...dan pulang!

But...what a nice journey! I love Kota Tua!!
Foto2 di situ ajik dah. Gw masih berambisi masuk ke Museum Fatahillah plus penjara bawah tanahnya!

0 comments: