Memori Masa Kecil, Part I

on Tuesday, May 17, 2011
Masih agak terpengaruh postingan sebelumnya, gw tiba-tiba keingat dengan benda-benda masa kecil gw. Beberapa dari itu memang meninggalkan kesan yang dalam, dan gw rasa kalo gw bisa ketemu sama benda-benda itu lagi, gw bakal nangis terharu kayak artis sinetron menangisi nisan random di pekuburan random.

Jadi inilah beberapa:


1. Betty Spaghetty

Gw ga tau ada yang pernah mainin ini ga, karena sejauh ini kalo gw tanya-tanya temen gw, pada gatau mainan apa ini.....yang ujung-ujungnya gw diejek: "Kayaknya mainan di Sulawesi beda sama di Jawa, terutama Jakarta, Geb..."

ENAK AJE! INI DIBELI DI JAKARTE TAU!

Waktu kecil gw nyaris ga pernah main Barbie. Gw lebih suka main si Betty Spaghetty ini. Jadi si Betty ini disediakan terpisah-pisah gitu. Ada asesoris rambut, gelang, sepatu, kaos kaki, tas, dll. Nama 'spaghetty' itu karena rambutnya agak mirip spaghetty.

Ga seperti Barbie, si Betty ini tangan dan kakinya bisa dicopot dan diganti-ganti juga. Jadi misalkan anda-anda mau membuat Betty berkulit putih sekaligus hitam, tukar aja tangan kiri/kanannya sama tangan temennya yang berkulit gelap.












2. Polly Pocket

Untuk mainan yang ini, rupanya lumayan banyak yang tau, jadi gw ga merasa terlalu terasing (yaiyalah! Wong semua dibeli di Jakarta!).

Jadi mainan ini tuh berupa boneka kecil-kecil, ada yang cewe ada yang cowo. Ukurannya mungkin cuma....se-apa ya? Se....se...se-iprit? -->ga menjelaskan.
Pokoknya kecil banget dah.

Dulu gw punya mainan ini sampe empat biji. Tiga yang sejenis gambar di bawah, dan satu berbentuk komplek perumahan si Polly, yang segede-gede gaban dan Polly-nya bisa digerakin pake magnet. Gambarnya udah gw cari-cari sampe kayang, tapi ga dapat, jadi ya maap kalo ga bisa dibayangin.




3. Buku-buku Richard Scarry

Satu komentar buat buku ini: SUPER LUCU! Sampai sekarang kalo gw baca, gw masih suka ketawa-ketawa sendiri liat gambarnya. Nama-namanya juga aneh, terutama tokok utamanya, yaitu Hakul.


Aneh kan?

Buku ini sama seperti buku anak-anak pada umumnya, yang isinya mengajarkan anak kecil tentang ini dan itu. Tapi agaknya buku ini untuk anak di atas lima tahun, minimal yang udah bisa baca lancar, karena kata-katanya banyak, dan gambarnya juga udah cukup ribet (untuk ukuran balita).

Setelah kepindahan gw dari Makassar ke Jakarta, buku-buku Richard Scarry milik gw ilang semua entah ke mana. Kata bokap gw sih, dikasih ke orang, tapi gatau juga. Untungnya, karena gw cukup rajin datang ke pameran buku, gw akhirnya bisa nemu satu kopi bukunya (yang langsung gw beli ga pake ragu, ga pake nawar harga).













4. Seri Miki Mungil

Buku ini adalah salah satu buku yang membuat belajar agama atau memahami Alkitab jadi lebih mudah.

Jadi buku ini bertipe 'seek and find'. Di dalamnya, digambarkan suatu ilustrasi cerita yang diambil dari Alkitab. Nah, di tiap gambar dan peristiwa itu, kita harus mencari si Miki, si tokoh utamanya itu. Entah itu dia lagi duduk, lagi nangkring di mana, pokoknya dia tersembunyi di gambar itu. Selain nyari si Miki, kita juga harus mencari gambar-gambar lain yang diperlihatkan penggalannya di sisi kanan buku. SUPER SERU!

Gw bener-bener kagum sama penulis dan ilustrator buku ini, Carl Anker Mortensen. Gambar-gambar di bukunya benar-benar padat, detil, dan full color! Empat jempol buat mas Mortensen.




5. Ducobu

Satu lagi komik Perancis favorit gw setelah CRS, Asterix, dan Tintin.

Komik ini bercerita tentang Ducobu, seorang siswa SD di Perancis yang gobloknya ga kira-kira. Ducobu selalu membuat wali kelasnya stress, karena selain nilainya yang tidak pernah bagus, ia juga hobi menyontek teman sebangkunya yang kebetulah pemilik nilai tertinggi di kelas.
Keseharian Ducobu diisi dengan perjuangannya mencari cara-cara untuk menyontek, atau cara curang lainnya agar nilainya bagus.

How I love French comic!










Hm, postingannya udah agak panjang.
Lanjut nanti deh!
*tambahin 'part 1' ke judul blog*


....to be continued.

0 comments: