Tentang Saya dan Buku

on Sunday, May 8, 2011
Akhir-akhir ini gw lagi sering banget dengar ungkapan:

"Gw kangen sama diri gw yang dulu."

Atau kerennya:

"I miss the old me."


Kenapa semua orang merindukan masa lalu? Ya karena masa lalu memang cuma bisa dirindukan!
Kalau masa kini? Ya dijalani.
Kalau masa depan? Ya dinanti.

Nah, tadi pagi ketika sarapan, gw dengan random-nya tiba-tiba tersadar dengan fakta bahwa umur gw udah 20 tahun!

DUA PULUH!
TWENTY!
ZWANZIG!
DUA DEKADE!

Fakta ini seperti menghantam gw dengan begitu kerasnya. Dalam pikiran, gw masih membayangkan diri gw sebagai seorang anak berusia 17 atau 18 tahun. Masih berusia remaja, dan masih bisa bersenang-senang.
Sekarang, dalam beberapa tahun ke depan, gw harus sudah mikir tentang kerjaan, tentang nikah, tentang nabung buat hari depan, tentang menuntut ilmu setinggi langit, tentang punya anak.....

BLAAAAAAAAAGGGGHHHHH!!!!


Gw pun mulai merindukan diri gw yang dulu.
Satu hal yang paling gw rindukan adalah menulis dan membaca.

Sedari SD, dua hal ini adalah hobi gw, di samping nonton dan menghayal.
Dulu gw pernah sok-sok bikin novel. Ceritanya mau bikin dua buku. Buku satunya udah jadi, eeeh, buku duanya mandek karena hasratnya hilang dan gw mulai sibuk ini itu.

Yang kedua, gw suka banget membaca buku. Hobi ini menurun dari nyokap gw.
Gw ingat banget waktu SD dulu, nyokap yang pertama kali memperkenalkan Harry Potter ke gw. Bahkan nyokap bacain dulu bab 1-nya, lalu sisanya gw baca sendiri.
Trus gw senangnya kayak orang gila waktu tau bukunya mau dibikin film.

Waktu kelas 2 SMP, gw pindah rumah ke daerah Percetakan Negara, di Salemba Tengah.
Waktu di situ, hampir tiap akhir minggu gw pasti ke Gramedia Matraman, soalnya deket banget.



...tempat itu benar-benar surga dunia.


Sudah informasi umum, kalo Gramed paling lengkap itu ya yang di Matraman itu. Dulu, rutinitasnya selalu begini:

Nyampe di Gramed.
Naik ke lantai dua.
Nyokap ke bagian buku hukum.
Gw ke bagian komik dan novel.
Selesai milih, gw samperin nyokap dengan membawa setumpuk komik.
Nyokap ke bagian novel bentar, ambil satu-dua buku.
Bayar.


SURGA DUNIA...


Makin dewasa, kebiasaan gw ini rupanya makin menyulitkan dan merepotkan.
Karena ortu gw nampaknya ketularan gaya hidup Arab-Sahara (nomaden), jadi tiap kali pindah rumah, buku gw sangat merepotkan untuk dibawa pindahan.
Dan lagi pasti ada yang tercecer, trus hilang entah ke mana. Bikin gw bete seharian.

Tapi yang namanya hobi ya memang ga bisa hilang begitu aja. Ini koleksi buku gw sekarang:




Ini adalah kondisi buku-buku gw sekarang, setelah disortir ketat tahun lalu (yang menghasilkan adu mulut hebat karena gw ga mau buku-buku gw diganggu gugat). Kalau buku-buku gw yang dari dulu-dulu masih gw simpan, lemari di sebelahnya juga bakal dijajal oleh buku-buku gw.

Hasrat membeli buku gw masih sangat tinggi sampai sekarang. Gramed dan toko buku lainnya juga masih jadi tempat favorit untuk gw datangi. Gw juga masih antusias kalo diajak ke pameran buku ato ada diskon buku.
Tapi entah kenapa, sekarang ini sepertinya gw ga punya waktu untuk baca buku lagi.
Beberapa minggu yang lalu gw memutuskan untuk membaca buku Paulo Coelho yang The Alchemist.
Gw benar-benar udah nyaris baca buku itu nonstop sampe begadang, kalo ga diingetin ada tugas buat besok.

Terpaksa gw taro bukunya dengan berat hati, karena gw tau belum tentu besok-besok gw punya waktu buat baca lagi.


Haaaaah....


But well, reading is still my hobby. And I still enjoy the pleasure of having a new book to read (and I never really like e-book).
So I think I'm going to use every spare time I have to read books, and again...saving money to buy books.


Gw rasa rencana ini sebaiknya dimulai sekarang, sebelum isi lemari gw berubah dari ini...





...jadi ini:





*merinding*

2 comments:

Anonymous said...

Baca Monster juga?? Waah itu salah satu komik favoritku :)
Salam kenal ya *jabat tangan*

Anonymous said...

tulis di blog dong lo pernah pindah rmh berapa kali , kmn aja, pengalaman dgn lingkungan ato rmh tsb dll.