Hari Dua: Di Balik Nama Blog Saya

on Wednesday, January 19, 2011
Curious Vagabond

Kalau diterjemahkan secara mudah, artinya bisa jadi: perantau yang kepo.
Mungkin kata vagabond agak rancu dan jarang terdengar, but personally I like the word.

Pertama kali gw dengar kata ini adalah sekitar tahun 1996-an, saat gw nonton The Lion King.


This is the first animated movie, and maybe the first movie also that I've ever watched.
This movie successfully made me cry, in the scene where Mufasa lying dead and Simba called his name in despair.

Since I loved the movie, I also loved the songs. My most favorite song of course Can You Feel The Love Tonight? by Sir Elton John.
In the song's lyric, I found this vagabond word.

And can you feel the love tonight?
It is where we are
It's enough for this wide-eyed wanderer
That we got this far
And can you feel the love tonight?
How it's laid to rest?
It's enought to make kings and vagabonds
Believe the very best

The way Sir Elton John sung the word vagabond really caught my ears.
So since then, I really loved the word.

Meanwhile, according to Wikipedia, vagabond is:

an itinerant person. The word is derived from the Latin adjective vagabundus, “inclined to wander”, from the verb vagor, “wander”. It does not denote a member of a nomadic people, but rather an individual who follows a wandering lifestyle within a sedentary society. Such people may be called drifters, tramps, or rogues. A vagabond is characterized by almost continuous traveling, lacking a fixed home, temporary abode, or permanent residence. Vagabonds are not bums, as bums are not known for traveling, preferring to stay in one location.

Selama 19 tahun 9 bulan ini, gw sudah hidup berpindah-pindah.
Lahir di Manado saat bokap lagi kerja di sana.
Umur 2 bulan gw kembali ke Makassar dan tinggal di sana sampai lulus SD.
Tiga tahun mengasah otak di SMP Santa Maria Jakarta, gw sudah pindah rumah 2 kali.
Masuk SMA, gw pindah lagi ke BSD. Belajar di SMA Santa Ursula BSD.
Kuliah, gw di UI. Tinggal di sebuah kosan 4x4 meter di Depok.

Gw tidak pernah merasakan menjadi 'tuan rumah', yaitu mereka yang merasakan saat anak baru masuk ke sekolahnya. Gw selalu menjadi si anak baru. Mulai lagi dari awal. Beradaptasi dengan lingkungan baru.
Mencari teman baru.
Membuka diri untuk kesekian kalinya.
Selalu mencari jati diri.

Nah,
Kata curious sendiri artinya:

is an emotion related to natural inquisitive behavior such as exploration, investigation, and learning, evident by observation in human and many animal species. The term can also be used to denote the behavior itself being caused by the emotion of curiosity. As this emotion represents a drive to know new things, curiosity is the fuel of science and all other disciplines of human study.

Intinya: rasa ingin tahu atau penasaran. Kalo dosisnya kebanyakan, dikenal juga dengan kata modern: kepo.

Gw adalah orang yang sangat penasaran. Gw rasanya ingin tahu semuanya, gw ingin semua hal ada penjelasannya, terserah logis atau tidak. Karana semua yang terjadi dan semua tindakan yang diambil pasti ada alasannya.
Sesuatu yang dinamakan insting pun merupakan sebuah alasan, entah itu bisa dijelaskan dengan ilmu past ataupun sekedar alasan ketuhanan.

Nah, dari dua kata itulah asal mula nama blog ini.
Semua orang, tidak terkecuali gw, adalah seorang pengembara dalam hidup ini. Kita tidak tinggal pada satu tempat pasti, karena setiap hari kita melakukan perjalanan. Entah itu adalah perjalanan yang dilakukan saat kaki kita memijak bumi, ataupun saat kaki kita memijak mimpi dan imajinasi.

Pikiran kita tidak pernah diam, karena itulah kita semua adalah pengembara dalam hidup kita masing-masing.


Salam dangdut,
Georgine

0 comments: