"B-B-B-B-Bertie?"

on Saturday, February 26, 2011
Another movie review. This time....


THE KING'S SPEECH

Sutradara: Tom Hooper

Pemain: Colin Firth, Geoffrey Rush, Helena Bonham-Carter, Guy Pearce

Rating: 8/10


Story:

Pangeran Albert (Firth) dari Inggris ternyata memiliki penyakit yang membuatnya selalu rendah diri: gagap. Baik berbicara di depan umum maupun di depan keluarganya, penyakitnya ini selalu menghambat dirinya dan membuatnya stress. Istrinya (Carter) telah mencoba berbagai terapis dan dokter, namun belum ada yang bisa menyembuhkan kegagapan Pangeran Albert.

Sampai suatu hari, ia disarankan untuk mencoba datang ke Lionel Logue (Rush), seorang terapis yang biasa membantu orang-orang pasca perang. Metode yang digunakan Logue cukup unik, dan dengan kesabaran luar biasa, akhirnya Pangeran Albert mengalami kemajuan.

Hal ini menjadi tambah runyam ketika kakaknya, Pangeran Edward (Pearce) kemudian naik menjadi raja setelah ayah mereka meninggal dunia. Masalahnya, Pangeran Edward menyukai seorang janda Amerika dan berniat menikahi janda ini, sementara peraturan di Inggris melarang hal tersebut.
Pangeran Edward lalu memilih untuk menanggalkan gelar dan kedudukannya sebagai raja demi menikahi janda Amerika ini, sehingga naiklah Pangeran Albert menjadi raja dengan gelar Raja George VI.

Tak lama kemudian, Eropa dilanda perang dengan Jerman, dan Inggris pun turut menyatakan perang terhadap Jerman. Puncaknya adalah saat sang raja harus menyampaikan pidato pemberi semangat kepada rakyat dan tentara Inggris, yang akan disiarkan secara langsung ke penjuru kerajaan.


Review:

Film ini mendapatkan nominasi terbanyak di ajang Acadamy Award tahun ini, dengan membawa 12 nominasi termasuk Best Actor, Best Supporting Actress, dan Best Supporting Actor.
Ya, Hollywood memang menyukai cerita yang orisinil dan unik seperti ini, dan gw sendiri setuju, bahwa cerita ini sangat menarik.

Yang menarik adalah fakta bahwa raja Inggris yang juga ayah kandung Ratu Elizabeth II ini ternyata gagap. Sebuah fakta yang menggambarkan bahwa seorang raja pun sama seperti manusia biasa yang memiliki kekurangan. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa film-film mengenai raja atau ratu (terutama dari Inggris) akhir-akhir ini lebih cenderung menceritakan masa-masa keemasan atau pencapaian mereka terutama dalam militer (misalnya Queen Elizabeth I).
Sementara dalam film ini, pencapaiannya sangat simpel: mengatasi kekurangan dirinya.

Colin Firth bermain luar biasa dalam film ini, terutama karena dia berhasil membuat gw dan temen gw Eta benar-benar geregetan pas dengar dia ngomong saking susahnya dia mengucapkan satu kalimat utuh.

Gw juga mengagumi sutradaranya yang mampu menyelipkan segi-segi estetik seperti di foto-foto ke dalam gaya shoot-nya, sehingga film ini juga rasanya memiliki nilai seni yang oke. *halah*

Geoffrey Rush juga super keren! Gw sudah mengagumi aktor satu ini sejak melihat filmnya di HBO yang berjudul The Life and Death of Peter Sellers. Sedangkan untuk Helena Bonham-Carter, ia sudah terbukti sebagai aktris multi-talenta dengan bermain di film-film dengan karakter yang berbeda-beda.
Untuk aktris satu ini, gw kagum sama aktingnya sejak lihat dia di film Lady Jane.

Gw sendiri menjagokan film ini untuk menyabet semua penghargaan yang dinominasikannya di ajang Oscar nanti.


GOD SAVE THE KING!

0 comments: