"Aal Izz Well"

on Sunday, April 17, 2011
3 IDIOTS

Sutradara: Rajkumar Hirani

Pemain: Aamir Khan, Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, Boman Irani

Rating: 8/10


Story:
Dua orang sahabat, Raju Rastogi (Joshi) dan Farhan Qureshi (Madhavan) berniat untuk mengadakan reuni kecil-kecilan dan bertemu dengan teman kuliah mereka, Rancho (Khan). Dalam perjalanan menuju tempat tinggal Rancho, mereka pun mengingat kembali bagaimana pertemuan mereka di universitas.

Rancho adalah mahasiswa yang unik namun cerdas. Ia diterima di institus teknik terkenal di India yang dipimpin oleh Viru Sahastrabuddhe (Irani), dan di sanalah persahabatan antara Rancho-Raju-Farhan terbentuk.

Raju adalah seorang mahasiswa miskin yang selalu terlihat tertekan. Ayah Raju sakit dan tidak bekerja, kakaknya belum menikah, sehingga semua beban keluarganya itu seolah tertumpuk di pundaknya.
Sementara itu, ayah Farhan ingin sekali anaknya lulus menjadi seorang insinyur ternama, namun yang disukai Farhan hanyalah fotografi. Bagi ayahnya, fotografi bukanlah pekerjaan yang membanggakan, sehingga ia memutuskan untuk mengubur mimpinya itu.

Ketika mereka telah tiba di kediaman Rancho, mereka terkejut mendapati bahwa Rancho merupakan orang yang sama sekali berbeda dengan yang dulu mereka kenal. Selidik punya selidik, ternyata Rancho (teman mereka) hanyalah anak tukang kebun di rumah Rancho (asli). RP (rancho palsu) sejak kecil sangat suka belajar, sehingga ayah RA (rancho asli) memutuskan bahwa RP boleh meminjam identitas anaknya untuk berkuliah di universitas teknik terbaik itu, "yang penting ijazah beratasnamakan Racho bisa terpampang di dinding rumah ini".

Setelah perjalanan panjang, aksi menggagalkan pernikahan, dll, akhirnya mereka menemukan RP, yang ternyata telah menjadi seorang engineer ternama, namun malah bekerja sebagai guru di daerah terpencil. Ketiga sahabat itu pun kembali bersatu.


Review:

Hmmm, mungkin karena budayanya agak mirip, jadi walaupun ini film India, namun situasi dan ceritanya terasa sangat pas dengan kondisi pendidikan dan kondisi mahasiswa di Indonesia.

Tapi justru itulah poin pendukung film ini!
Kritik-kritik yang diucapkan oleh tokoh Rancho sangat mengena dengan sistem pendidikan yang memang terlihat seperti sebuah lomba yang mematikan.

Kondisi Farhan pun sangat sesuai dengan mahasiswa galau yang sebenarnya bercita-cita lain, namun demi membahagiakan orang tua terpaksa masuk di fakultas pilihan ortu.....



Oh, hidup~



Tapiiii....
Bukan film India namanya kalo ga pake menari dan menyanyi. Tapi karena settingnya remaja-remaja gitu, gw malah teringat trilogi High School Musical pas adegan nari/nyanyi-nya.

Ada satu hal yang agak mengganjal gw. Perasaan gw doang ato cowok-cowok India gampang banget nangis?

Hmm, gatau gimana sih, yang jelas di film ini, ketiga tokoh utamanya (yang adalah cowok semua) dalam banyak adegan dengan mudahnya menangis heboh sampai tersedu-sedu.
Yah...

Sedih juga sih... *ambil tisu*

Humor-humor dalam film ini juga pol lucunya! Sekali lagi mungkin karena latar belakang budaya yang mirip, jadi banyak humor-humornya yang sangat bisa dipahami. Apalagi karakter Chatur Ramalingam, mahasiswa ambisius yang selalu ingin jadi yang terbaik, tapi bersifat sombong.

Overall, film ini benar-benar menghibur tapi di saat yang sama juga mendidik. Temanya sangat remaja, jadi cocoklah ditonton oleh orang-orang seumur gw.
Jalan ceritanya bagus, romantismenya ga berlebihan, dan dijamin pengen reunian habis nonton film ini.

Pesan: bagi anda-anda mahasiswa/i yang merasa senasip dengan Farhan (termasuk gw), jangan terlalu dipikirin. Kalo memang niat, pasti ada jalan. Ucapkan saja:

ALL IZZ WELL!

0 comments: