A Classic with Tap Dance

on Sunday, April 24, 2011
SINGIN' IN THE RAIN

Sutradara: Stanley Donen, Gene Kelly

Pemain: Gene Kelly, Donald O'Connor, Debbie Reynolds, Jean Hagen

Rating: 8/10


Story:
Don Lockwood (Kelly) dan Lina Lamont (Hagen) adalah pasangan selebritis yang sangat populer di era film bisu. Namun sebuah perubahan besar terjadi di masa itu: film bisu mulai digeser dengan popularitas tidak terduga dari film bicara!
Di mana-mana film mulai dibuat dengan suara, dan muncul tren berupa film musikal yang segera meroket.
Don dan produsernya pun berusaha membuat film bicara, namun terdapat satu masalah besar, yaitu suara Lina Lamont yang cempreng dan menyebalkan.

Di saat lain, ketika sedang dikejar secara brutal oleh para penggemarnya, Don bertemu dengan Kathy Selden, seorang gadis muda yang bekerja sebagai penari figuran di film, namun ternyata memiliki suara yang sangat bagus. Don segera tertarik dengannya dan jatuh cinta pada Kathy.

Setelah film Duelling Cavalier yang dibintangi Don dan Lina selesai, diadakan percobaan pemutaran di bioskop lokal. Reaksi penonton ternyata mengecewakan, karena setelah proses editing, film itu menjadi sangat buruk, terutama suara Lina.

Akhirnya diputuskan bahwa Duelling Cavalier diubah menjadi Dancing Cavalier, sebuah film musikal. Kathy akan menjadi dubber bagi suara Lina (baik bicara maupun bernyanyi).
Film ini ternyata sukses besar, namun Kathy kecewa karena identitasnya tidak akan pernah diketahui orang.
Namun Don punya rencana lain. Ketika pemutaran perdana, Don pun menyingkap bahwa suara Kathy-lah yang didengar penonton di film.
Pada akhirnya, Kathy dan Don mendapatkan proyek film bersama, yaitu Singin' In The Rain.


Review:

Benar-benar film klasik yang bagus! Sebenarnya dari dulu gw udah sering mendengar tentang film ini, tapi baru kali ini sempat ditonton. Sepanjang film gw terus mengagumi wajah aktor Gene Kelly dan Debbie Reynolds, dengan ketampanan klasik khas tahun 50-an mereka itu.
Nyadar ga sih kalo aktor/aktris sekarang ga ada lagi yang berkarakter wajah seperti itu?

Nah, namanya film musikal, pasti banyak menari dan menyanyinya. Terutama di film ini, yang sangat ditonjolkan adalah tap dance. Koreografinya super keren, mengingat hampir tidak ada film jaman sekarang yang bisa menampilkan dansa seperti itu, apalagi dengan berbagai gerakan rumit yang cepat, dan kesannya menyakiti diri sendiri..........

.....TAPI SAMBIL SENYUM DAN MELIHAT KE KAMERA!

Kalo diperhatikan baik-baik, di film ini hampir semua adegan dansa disorot dari satu sisi saja, yaitu dari depan. Permainan kamera yang lincah belum populer atau memang tidak dipergunakan, tapi hal ini justru menambahkan unsur klasik dan unsur luar biasanya.

Kalo pake teknik kamera, belum tentu aktor atau aktrisnya bener-bener bisa dansa, karena bisa ditutupi dengan teknik pengambilan gambar. Tapi di film ini, rasanya seperti nonton pementasan teater, dimana bintangnya harus bernyanyi dan menari sambil tetap melihat ke depan.

Satu lagi. Jaman sekarang kalau bikin film musikal, biasanya dansanya berunsur seksi, baik perempuan maupun laki-laki. Kostumnya dipilih yang agak ketat, terlihat seperti kurang bahan, dan koreografinya pun syeksi.
Di film ini, adegan-adegan menari dan menyanyi dilakukan dengan kostum penuh bahkan baju yang rapi, yang menurut gw menambah unsur luar biasa di film ini.
Coba aja joget pake baju lengkap...

RIBET!

Satu hal lain yang juga klasik adalah humor-humornya.
Film komedi musikal sudah lumayan jarang. Kalaupun ada, agaknya kurang lucu humor-humornya, misalnya aja Hairspray. Tapi di film ini, humornya benar-benar dapat, sehingga di akhir film, kita bisa tersenyum lebar dengan puas, dan bertepuk tangan tanpa paksaan.

And just like another musical films, you'll end up singing their most memorable song.
Me, I'm singing "Singin' In The Rain"



Kalo ada yang ingat, dulu kalo ga salah sempat dipake jadi lagu di iklan Garda Oto.

1 comments:

Unknown said...

I love this movie!!

Singin' In The Rain merupakan salah satu film klasik yang memang seru kalo ditonton...terutama waktu denger si Lina Lamont itu nyanyi hahahaha...kocak abis!! Dan ngeliat Gene Kelly yang ganteng, tentu membantu banget :D

Berhubung emang suka dengan film yang memadukan song and dance alias film musikal, jadi yah enggak heran Singin' In The Rain termasuk salah satu film favorit.

Coba nonton "High Society" deh, yang main Frank Sinatra sama Bing Crosby...itu juga termasuk film yang ada musiknya, meskipun dance-nya enggak terlalu banyak.

Seru juga nonton film klasik, selama bukan yang noir, karena ceritanya tetap ringan dan masih bisa dinikmati, meski di jaman sekarang.

Aktor favorit tuh Frank Sinatra sama Gene Kelly..dah ganteng, bisa nyanyi bisa dance juga hahaha...