"Look Closer"

on Saturday, April 16, 2011
AMERICAN BEAUTY

Sutradara: Sam Mendes

Pemain: Kevin Spacey, Annette, Bening, Thora Birch, Mena Suvari, Wes Bentley

Rating: 9/10


Story:
Lester Burnham (Spacey) seorang ayah dan suami yang tinggal di daerah suburban Amerika, menemukan semangat hidupnya lagi setelah bertemu dengan sahabat anaknya, Angela (Suvari). Ia merasa hidupnya yang selama ini membosankan akhirnya terjaga, dan mulai memutuskan untuk melakukan apa yang ia inginkan sesuka hatinya.

Lester memiliki seorang istri yang dominan, Carolyn (Bening), bekerja sebagai agen real estate setempat. Mereka memiliki seorang anak perempuan, Jane (Birch), yang--seperti remaja pada usianya--mengalami masa-masa pencarian jati dirinya.

Merasa semangat hidupnya bangkit kembali, Lester kemudian berhenti dari pekerjaannya, berolahraga demi membentuk tubuhnya, dan malah mengambil pekerjaan di restoran cepat saji sebagai usaha melepaskan kebosanan hidupnya dan mulai melakukan hal-hal yang ia sukai.

Namun tetangga baru mereka yang adalah pensiunan tentara memiliki prinsip yang cukup kaku, dan satu kesalahpahaman memberikan akibat fatal bagi kehidupan kedua keluarga tersebut.


Review:

Film ini resmi menjadi film favorit gw yang baru.






(sedang menghayati betapa kerennya film tersebut)

Satu yang sangat menonjol dari film ini adalah sinematografinya. Benar-benar wajib diancungi empat jempol sekaligus!

Film ini benar-benar bercerita melalui gambar yang ditampilkan. Kebanyakan film sekarang lebih memilih sarana percakapan untuk menjelaskan sebuah situasi atau apapun, namun dalam film ini, penekanan suatu karakter atau suasana tertentu adalah melalui film itu sendiri, yaitu gambar-gambar yang bergerak.

Contoh yang paling membuat gw terhenyak adalah penekanan karakter Ricky Fitts. Dalam film ini, karakter Ricky adalah seorang anak yang pendiam dan tertutup, memiliki ayah yang kaku, selalu berpenampilan rapi, dan hobi memfilmkan segala sesuatu yang menurutnya 'indah'.

Ketika setting memperlihatkan kamar Ricky, gambarnya memperkuat sekaligus menjelaskan karakternya lebih jauh.
Kamar tersebut penuh dengan kaset hasil rekaman, menjelaskan minatnya yang besar dalam merekam berbagai hal.
Kaset-kaset tersebut tersusun rapih, mempertegas kebiasaannya memakai baju rapih, dll.

Dari segi cerita, film ini juga luar biasa. Ceritanya mungkin sederhana, namun setiap karakter memiliki karakternya masing-masing yang sangat kuat, yang memberi warna lebih pada cerita film tersebut.
American Beauty ini jelas bergenre drama. Ceritanya sangat drama. Namun, tidak seperti drama-drama lainnya, masing-masing karakternya memiliki ciri khas yang tidak sama.

Ada Carolyn yang selalu dominan dan menganggap dirinyalah yang memiliki derajat tertinggi di rumah.
Angela, yang cantik dan menarik, namun sebenarnya penakut lalu memilih bahwa lebih baik mengarang cerita daripada benar-benar melakukan sesuatu, dsb.

Satu poin ekstra:
bahkan POSTER film ini pun keren! Konsepnya unik, dan tagline-nya juga memberi kesan....penasaran...


so....




Just look closer.

0 comments: