Bahasa!

on Saturday, October 9, 2010
Kasihan memang orang Indonesia ini. Bahasa sendiri yang tiap hari dilafalkan dari mulut justru seringkali salah dipergunakan atau salah dalam hal gramatik..bahkan ejaan!

Contoh simpel:
Di kereta Ekonomi AC, ada stiker di bagian pintunya yang kalau tidak salah bertuliskan:

"AWAS TANGAN KEJEPIT"

Lalu...

"DILARANG SANDAR DIPINTU"


Koreksi:
1. Kejepit. Dalam penggunaan kata baku yang benar, harusnya terjepit.
2. Sandar. Dalam kalimat ini seharusnya bersandar.
3. Dipintu. Untuk menunjuk suatu keterangan tempat, 'di' haruslah dipisahkan dari keterangan tempatnya. Jadi seharusnya di pintu.


Lalu kemarin ada lagi yang gw temukan.
Di stasiun UI, terpampang dengan hebohnya jadwal kereta trek Jakarta dan sekitarnya (yang sebenarnya tidak berguna karena keretanya tetap saja tidak tepat waktu). Lalu saat gw perhatikan lagi....ADA YANG SALAH.

"JADUAL KEBERANGKATAN KERETA bla bla bla"


Koreksi: seharusnya JADWAL!!!! Ejaan jaman kapan itu yang masih pake 'ua'??

Kasihan banget dah. Gw jadi bingung dan penasaran, yang membuat semua tulisan itu siapa sih? Ini mungkin hal sepele, tapi dari kesepelean tulisan ini bisa terlihat bagaimana orang Indonesia memperlakukan bahasanya sendiri.

Mungkin ada baiknya kita seperti orang Perancis. Orang Perancis menolak berbicara dalam Bahasa Inggris kecuali memang diperlukan. Jadi secara tidak langsung, mereka memaksa semua orang untuk bisa berbicara dalam bahasa mereka. Sebuah cara yang bisa dibilang angkuh untuk melestarikan bahasa sendiri, tapi efektif.

Jadi saudara-saudara, MARI BERBICARA DAN MENULIS DALAM BAHASA INDONESIA YANG BENAR!!

1 comments:

Unknown said...

HAHAHAHAHAHAHA....

Love what you wrote eh salah...maksudnya...suka banget sama yang kau tulis!

Mau gimana lagi? Mungkin karena terlalu banyak orang sok berbahasa Inggris sampe lupa dengan Bahasa Indonesia? Atau karena terlalu banyak orang berbicara dengan seenaknya jadi lupa bahwa cara menulis kadang tidak sama dengan cara membaca?

Padahal 'kan bisa dibilang Bahasa Indonesia itu termasuk bahasa yang paling mudah. Tapi kok ya masih aja banyak yang salah menulis. Atau karena kurang rajin membaca juga?

:)

Yang pasti, itu bukan hal yang aneh...yang penting, kita sendiri tetap harus sebisa mungkin menggunakan Bahasa Indonesia sebaik dan sebenar mungkin.